Minggu, 23 Agustus 2015

PT Batik Keris

PT. BATIK KERIS

a. Sejarah Batik Keris

Batik Keris merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang batik yang didirkan di daerah Sukoharjo, tepatnya di Kelurahan Cemani (Selatan Laweyan). Tahun 1946, Kasoem Tjokrosaputra mendirikan usaha dagang batik “Keris”. Kasoem Tjokrosaputra bukanlah orang baru dalam usaha batik, karena orangtuanya sudah mengusahakan usaha dagang batik sejak tahun 1920.
Perubahan politik pada tahun 1966 membuka cakrawala baru bagi kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia. Pemerintah membuka kesempatan penanaman bagi modal asing (PMA) dan modal dari dalam negeri (PMDN). Usaha dagang Batik Keris mengambil peluang ini dengan memanfaatkan pinjaman yang diberikan oleh pemerintah.
Usaha yang dirintis semakin berkembang, maka pada tahun 1970 terjadi perubahan status perusahaan dari bentuk perusahaan perseorangan menjadi bentuk perseroan terbatas (PT) dengan akta notaris R. Sugondo Suryo No. 1 pada tanggal 2 April 1970 di kota Solo. Akta tersebut terdaftar pada Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 28 September 1971 No. JA  5/143/18 dan dimuat dalam berita Negara Republik  Indonesia tanggal  2  Februari  1973  No.  10.  Pada saat itu tenaga kerja yang dapat ditampung sebanyak lebih kurang dua ribu orang.
Perubahan  ini  membawa kemajuan dalam bidang produksi, mulai pada tahun tersebut banyak penyempurnaan dilakukan dari segi desain sampai dengan  teknik  produksi. Dari  segi  desain,  motif-motif yang semula hanya berkutat pada corak tradisional mulai dikembangkan menjadi  kontemporer, sehingga banyak digemari masyarakat. Sedangkan dari segi teknik, kemajuan yang  didapat adalah digunakannya mesin-mesin printing dengan menggunakan teknologi yang lebih maju. Adanya kemajuan ini tidak terlepas dari sumberdaya manusia yang terdidik yang menjadi tulang punggung dalam produksi.
Tahun 1974 pemegang saham  PT. Batik Keris mendirikan  PT. Dan Liris yang diarahkan untuk memproduksi benang, pertenunan, finishing pewarnaan serta koleksi pakaian jadi. Nama Dan Liris mengandung filosofi seperti air hujan rintik-rintik yang tak kunjung reda. Begitu juga harapan yang dipegang Kasoem tjokrosaputra, yaitu memberikan kesejahteraan dan kemakmuran tiada henti bagi seluruh rakyat Indonesia.


b. Struktur Organisasii Perusahaan

Stuktur organisasi di PT Batik Keris disusun untuk mendelegasikan wewenang dalam melaksanakan fungsi koordinasi dan komunikasi. Tugas dan tanggungjawab dari masing-masing bagian dalam struktur organisasi tersebut adalah sebagai berikut.

1.     Dewan komisaris
Dewan komisaris adalah badan tertinggi dalam perusahaan yang anggotanya diangkat dan diberhentikan oleh rapat umum pemegang saham, mempunyai tugas :
-          Mengatur dan menkoordinasikan kepentingan para pemegang saham sesuai kepentingan yang telah digariskan dalam anggaran dasar perusahaan.
-          Memberikan penilaian dan mewakili para pemegang saham atas pengesahan Neraca dan perhitungan Rugi Laba serta laporan-laporan lain yang disampaikan oleh direksi.
-          Memberikan persetujuan kepada direksi dalam hal meminjamkan uang, mengikutsertakan perseroan dengan perusahaan lain, membeli, menjual atau menjaminkan dengan hipotik sesuai dengan wewenang yang telah digariskan dalam anggaran dasar perusahaan.
2.      Direktur utama
Adalah pejabat yang bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan, mempunyai tugas :
-          Merencanakan,mengkoordinir dan mengawasi rencana kerja yang telah disepakati dengan memperhatikan tujuan dan kebijaksanaan perusahaan yang telah ditetapkan.
-          Merumuskan dan mengusulkan kebijaksanaan umum perusahaan untuk masa yang akan datang kepada dewan komisaris agar tercapai tujuan dan kontnuitas operasi perusahaan.
-          Mengajukan Neraca, perhitungan Rugi laba serta laporan berkala lainnya kepada dewan komisaris untuk mendapatkan penilaian.
3.      Staf Perencanaan dan Pengembangan
Mempunyai tugas :
-          Mengikuti perkembangan operasi perusahaan dan senantiasa menganalisis keadaan ekonomi dan perdagangan umum yang terjadi.
-          Turut menyarankan adanya penyempurnaan dalam kebijaksanaan perusahaan.
-          Membantu direktur utama dalam menerapkan strategi perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam anggaran dasar.
4.      Internal auditor
Bertugas memeriksa dan melaporkan kegiatan beserta hasil kegiatan berbagai tingkat organisasi, sehingga direktur utama dapat secara obyektf mengawasi dan menilai kegiatan-kegiatan yang dilakukan berbagai tingkat organisasi perusahaan tersebut.
5.      Kepala sekretariat perusahaan
Bertugas menyediakan fasilitas dari jasa kesekretariatan kepada perusahaan supaya komunikasi perusahaan, baik dalam maupun keluar dapat berjalan dengan lancar.
6.      Kepala divisi
Ada 5 kepala divisi yang masing-masing divisi mempunyai tugas:
·   Kepala divisi pemasaran
-          Menyusun dan menjelaskan kepada semua divisi program dan strategi pemasaran, baik jangka pendek maupun jangka panjang sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan.
-          Mengawasi pelaksanaan dan realisasi dari program dan strategi pemasaran yang telah disusun tersebut.
·   Kepala divisi logistik
-          Merencanakan dan mengawasi penyediaan bahan baku, baik dari pembelian import maupun pembelian dari dalam negeri serta mengatur penyediaan bahan pembantunya.
-          Mengatur dan mengawasi penyimpanan bahan baku, bahan pembantu dan lain-lain ke dalam gudang.
·      Kepala divisi produksi
-     Memeriksa jalannya proses produksi agar yang dikerjakan sesuai dengan isi perintah produksi yang telah disetujui baik mengena jenis motif, kualitas dan kuantitas serta waktu penyelesaian order.
-     Merencanakan, mengatur dan mengawasi produksi secara menyelurus sesuai dengan kebijakan yang telah digariskan.
·      Kepala divisi keuangan dan akuntansi
-          Mengatur dan mengawasi semua masalah perusahaan yang berkaitan dengan dana yang meliputi penerimaan dan pengeluaran dana sehubungan dengan transaksi-transaksi yang terjadi atau akan terjadi.
-          Mengusahakan dana yang akan dipakai tersebut sesuai dengan system akuntansi yang berlaku.
·      Kepala divisi umum
-          Membuat program dan strategi perusahaan di bidang umum lainnya yang menunjang kelancaran produksi dan operasi perusahaan.
7.      Staf penelitian dan pengembangan pemasaran
Membantu bagian pemasaran dalam pemasaran produksi yang dihasilkan melalui penelitian dan pengembangan pemasaran melalui penentuan program dan strategi pemasaran yang paling sesuai dengan perusahaan.
8.      Bagian penjualan
Terbagi menjadi 2, yaitu bagian penjualan Dalam Negeri dan bagian Eksport. Tugasnya adalah:
-          Bertanggungjawab melayani kebutuhan barang pelanggan
-          Menerima surat order dari pembeli
-          Menentukan tanggal pengiriman dan dari gudang mana barang akan dikirim.
9.      Koordinasi cabang dan agen
Tugasnya mengkoordinasikan pemasaran melalui cabang dan agen yang telah disetujui dan ditetapkan perusahaan.
10.  Bagian promosi
Melakukan kegiatan promosi produk perusahaan melalui majalah, radio, kalender, pameran/bazar, papan nama dan fashion show.
11.  Bagian pembelian

-          Bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga barang
-          Menentukan pemasok yang dipilih dalam hal pengadaan barang
-    Melakukan pembelian bahan dan barang bagi keperluan unit organisasi yang lain dalam perusahaan.
c. Tugas dan Fungsi Perusahaan
  • tugas
a.  Melestarikan  salah  satu  budaya  bangsa  Indonesia  yaitu  pelestarian batik tradisional.
b.  Mencari  profit,  yaitu  mencari  keuntungan  agar  perusahaan  tetap dapat bertahan dan semakin berkembang. 
c. Menjalin  hubungan  kerjasama  yang  saling menguntungkan  dengan pengusaha dan perusahaan baik dari dalam maupun dari luar negeri.
  • fungsi
a.  Berproduksi di bidang batik, kerajinan dari Nusantara, pakaian  jadi dari batik.
b.  Mendukung industri batik rakyat dan pengusaha lainnya.
c.  Menunjang kebutuhan kain batik di seluruh Indonesia.

d. Kondisi Umum Perusahaan
Kondisi umum PT. Batik Keris meliputi :
1.  Lokasi PT. Batik Keris 
PT. Batik Keris berada di tiga tempat, yaitu Cemani, Kleco dan Colomadu.  Sebagai  tempat  administrasi  dan  pusat  produksi  berlokasi dikelurahan Cemani, pabrik yang berlokasi di Kleco digunakan untuk pembuatan  pakaian  jadi.  Sedangkan  yang  berlokasi  di  colomadu digunakan untuk pembuatan konveksi pakaian  jadi. Selain di Cemani, juga ada PT. Dan Liris yang bergerak di bidang pembuatan konveksi, pertenunan, finishing dan printing.
2.  Alasan dalam memilih lokasi perusahaan
a.  Ditinjau segi ekonomi
-  Transportasi  relatif  lancar dan biaya  transportasi dapat ditekan lebih mudah karena lokasi pabrik tidak jauh dari pusat kota.
-  Mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan  tenaga kerja yang potensial karena lokasi pabrik berada di luar kota.
- sebagai pusat penjualan.
b.  Ditinjau segi teknik
-  Faktor  lingkungan  alam  yang  baik  antara  lain  adanya persediaan air tanah yang digunakan sebagai sumber penunjang proses produksi.
-  Dapat  diadakan  perluasan  pabrik  karena  lahan  yang  tersedia masih cukup luas.
c.  Ditinjau segi sosial
-  Menyerap  tenaga kerja yang berarti membuka lapangan kerja baru
tidak mengganggu kesibukan orang lain
3.  Daerah Pemasaran
Hasil produksi baik batik maupun  tekstil yang diproduksi oleh PT.  Batik  Keris  dan  PT.  Dan  Liris  dipasarkan  untuk  kebutuhan sebagian besar dalam negeri (batik) dan kebutuhan eksport (tekstil). PT. Batik Keris telah mempersiapkan sarana pemasaran berupa: toko cabang, agen dan para pelanggan yang berkedudukan dikota-kota besar  di  seluruh  Indonesia.    Pemasaran  di  luar  yang  terbesar  adalah
USA  (tekstil)  dan  MEE  maupun  di  Timur  Tengah  serta  beberapa negara di Asia lainnya.
4.  Hasil Produksi 
Bahan  dasar  yang  digunakan  yaitu  :  Primissima,  Prima, mori biru, , Tayon, Georgette, Flanel, Nylon, Sifon, Sutera dan bahan-bahan dari hasil tenun lainnya.
5.  Sistem Kerja 
Sistem  kerja  yang  diterapkan  di  PT.  Batik  Keris  pada  hari Senin-Jum’at  dimulai  pukul  08.00-16.30  WIB  dan  pada  hari  Sabtu pukul  07.30-12.30 WIB.    Sedangkan  untuk  PT. Dan  Liris  berlaku  3 shift  (nonstop  24  jam  penuh  )  setiap  harinya  dengan  pembagian  jam kerja masing-masing shift 8 jam, yaitu:
a.  Shift I   : pukul 06.00-1400 WIB
b.  Shift II  : pukul 14.00-22.00 WIB
c.  Shift III : pukul 22.00-06.00 WIB
Sistem  tersebut  berlaku  bagi  karyawan  yang  berhubungan  langsung dengan  proses  produksi.    Sedangkan  bagi  karyawan  staf,  jam  kerja karyawan  yang  berlaku  sama  dengan  yang  berlaku  pada  PT.  Batik Keris.
6.  Penunjang Kesejahteraan Karyawan
Perusahaan  memberikan  fasilitas-fasilitas  sebagai  penunjang  kesejahteraan karyawan yang meliputi :
a.  Kesehatan (disediakan dokter)
b.  Asrama putri dan perumahan staf ahli
c.  Kendaraan antar jemput karyawan
d.  Rekreasi dan olahraga
e.  Tunjangan istemewa tahunan 2 kali (Lebaran dan Mauludan)
f.  Sarana ibadah (Masjid dan Musholla)
g.  Kantin dan ruang makan 
h.  Pendidikan dan sarana ketrampilan
i.  Program pembinaan karyawan
j.  Pakaian seragam karyawan
k.  Jaminan Astek
7.  Pendidikan dan Pelatihan
Untuk menjamin keberhasilan pelaksanaan tugas di perusahaan, calon  pegawai  harus  mengikuti  pendidikan  dan  pelatihan  yang diselenggarakan oleh perusahaan, dengan harapan karyawan akan lebih terampil  sehingga  mutu  produk  yang  dihasilkan  dapat  meningkat.Adapun  syarat-syarat  yang  harus  dipenuhi  untuk  menjadi  pegawai adalah  :  kemampuan,  kecakapan,  dedikasi,  loyalitas,  kesehatan  serta
sikap.
8.  Kewajiban Sosial Perusahaan 
Sebagai  perusahaan  yang  tumbuh  dan  berkembang  di masyarakat, maka  perusahaan  dituntut  untuk  berupaya meningkatkan taraf  hidup  masyarakat  disekitar  lokasi  perusahaan  khususnya kelurahan Cemani. Adapun  usaha  tersebut  adalah  dengan  adanya  sistem  bapak angkat  terhadap  pengrajin-pengrajin  disekitar  lokasi  perusahaan. Pengrajin-pengrajin  tersebut menghasilkan aneka kerajinan batik  tulis maupun  cetakan  yang  selanjutnya  PT.  Batik Keris  akan menampung atau  mengolah  ulang  untuk  kemudian  dipasarkan  dengan  memakai nama produk “Batik Keris”. Kerjasama  tersebut menguntungkan bagi kedua  belah  pihak.  Keuntungan  bagi  pihak  pengrajin  adalah mereka dengan mudah  dapat menyalurkan  produknya  lewat  PT. Batik Keris. Sedangkan  untuk  PT. Batik  keris  adalah  dengan mudah memperoleh produk  guna  dipasarkan  ke  dalam  negeri  maupun  diekspor  ke  luar negeri.

PT Batik Keris Ekspor 15% Hasil Produksinya

Direktur Utama PT Batik Keris Handianto Tjokrosaputro mengemukakan, saat perekonomian dunia tidak menentu seperti sekarang ini, segmen lokal untuk pasar batik dalam negeri lebih bagus dibanding luar negeri. "Oleh karena itu, pasar batik sekarang ini lebih fokus ke segmen lokal," ujar Handianto saat berbincang-bincang dengan media, di Solo, Jawa Tengah, Senin (27/5/2013).
Handianto mengatakan, langkah Batik Keris dalam menggarap pangsa pasar domestik batik berupaya menambah jumlah outlet atau toko di berbagai kota di Indonesia. "Rencana dalam waktu dekat dan pada tahun 2013 ini, PT Batik Keris akan membuka empat hingga lima toko. Sehingga kalau dihitung kini kami memiliki lebih dari 100 outlet yang tersebar di kota-kota besar, seperti Jakarta, Medan dan sebagainya," ungkapnya.
Kendati perekonomian dunia tidak menentu, namun kata Handianto, PT Batik Keris saat ini masih bisa mengekspor sekitar 15 persen dari total produksi. Sisanya kini diperuntukkan bagi pasar domestik. "Selain memproduksi batik, kami saat ini juga sedang memperluas produk garmen.Tujuannya untuk melengkapi outlet batik yang ada," jelasnya.
PT Batik Keris adalah perusahaan batik yang telah berdiri puluhan tahun lalu di kota Solo. Perusahaan yang berawal dari industri rumah tangga di kawasan Nonongan, Solo, kini telah berkembang dan memiliki karyawan lebih dari 3.000 orang, dengan salah satu pabriknya yang besar berdiri di kawasan Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah.


Koleksi batik keris
  
memang memiliki kualitas batik yang sangat baik saat ini dimata para pembeli. Kelebihan dan kekurangan pasti ada pada masing-masing produk. Koleksi batik keris yang dihadirkan di seluruh Indonesia memang memiliki pasar tersendiri karena batik keris ini sepertinya hanya menyasar kalangan menengah keatas. Tidak jarang beberapa orang menyayangkan harga yang sanagt mahal untuk sebuah hem batik saja. Namun itulah kualitas yang akan menjawabnya. Berikut ini beberapa koleksi batik keris yang dapat anda ketahui.














5 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya seri wahyuni, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin.atau hub no hp 085298609998.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Batik keris memang oke. Sy punya banyak koleksi batik keris. Walaupun harganya mahal tapu puas

    BalasHapus
  3. Kepada Yth,
    Dept Import & Purchasing

    Apabila membutuhkan jasa import baik customs clearance import, undername import (sewa bendera), import borongan (All-In), door to door service,jasa PPJK, air freight & sea freight, ex-work langsung dan jasa domestik. kami PT.MEGATON SAMUDERA ASIA General Trading Suppleir Export Import menyediakan jasa import dengan harga murah, aman dan cepat.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan, Besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


    Best Regards,
    Banta
    Executive Import
    Cp/Wa : 0812 1853 4003
    Email : import.banta@gmail.com

    Head Office:
    PT.MEGATON SAMUDERA ASIA
    International Freight Forwarder
    Gedung Pembina Graha lantai 2 Ruang 221
    Jl. D.I Panjaitan No.45 Rawa Bunga Jatinegara – Jakarta Timur 13350
    Telp : 021-8591 7799
    Fax : 021-2232 6705
    Email : mkt1@msalogistics.co.id
    Web : www.jasaimportterpecaya.com
    https://jasacargocepat.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Casinos Near Harrah's Casino and Racetrack - Mapyro
    Find Casinos 김포 출장안마 Near Harrah's Casino and 논산 출장샵 Racetrack in Maryland Heights and other places to stay in 제주도 출장마사지 Maryland 통영 출장마사지 Heights. 남양주 출장마사지

    BalasHapus